Kabar Nikel Membuat Panik Uni Eropa, Apa Sih Pentingnya Nikel?

Membuat Panik Uni Eropa, Apa Sih Pentingnya Nikel?

, Estimasi Baca : 2 minutes
258

APNI, Jakarta – Nikel memang menjadi buah bibir akhir-akhir ini. Bahkan ketika keran ekspor nikel Indonesia akan segera ditutup, dunia panik karena pasokan nikel yang diramalkan akan krisis. Bahkan Uni Eropa melayangkan gugatan ke WTO akibat polemik nikel.

Melihat fakta tersebut, apa sebenarnya yang diincar dari nikel? Mari lihat kegunaan nikel sebagai berikut.

1. Pembuatan Stainless Steel

Stainless steel merupakan campuran dari nikel-krom. Stainless steel ini sering ditemui pada perabotan sehari-sehari yang tidak mudah berkarat seperti sendok, garpu, kran air, shower, dan lain sebagainya.

2. Campuran Besi Baja

Besi baja yang memiliki campuran nikel memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampur dengan alumuniu. Selain itu besi baja campuran nikel juga tidak mudah berkarat seperti rel kereta api, jembatan, dan lain sebagainya.

3. Koin

Mata uang suatu Negara memiliki 2 jenis yaitu dalam bentuk kertas dan bentuk koin. Mata uang yang memiliki bentuk koin dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan unsur nikel.

4. Industri Otomotif

Nikel dan Krom biasanya digunakan dunia otomotif seperti Velg, Rangka, Bumper, Knalpot, Handle Rem, baling-baling kapal dan lain sebagainya.

5. Industri Baterai

Nikel juga naik daun dikarenakan nikel merupakan salah satu bahan baku pembuatan industri baterai yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik. Nikel menawarkan energy density yang lebih tinggi serta storage capacity yang lebih besar dengan ongkos lebih murah.

6. Pelapis Kaleng Pada Industri makanan

Unsur nikel sangat baik digunakan sebagai campuran atau pelapis anti karat. Logam yang dilapisi unsur nikel tidak cepat rusak karena sifatnya yang anti karat. Nikel sering digunakan sebagai pelapis kaleng pada industri makanan.

7. Elektroplating

Elektroplating adalah pelapisan logam dengan memanfaatkan arus listrik dan larutan elektrolit. Pelapisan menggunakan nikel dikenal dengan istilah nickel plating. Nikel sering dipilih karena memiliki daya gesek rendah dan tidak menganggu sifat elektromagnetik.

Mengingat banyaknya manfaat nikel. Wajar saja, nikel menjadi buah bibir dan membuat dunia panik ketika pasokannya berkurang. Nikel memiliki posisi penting bagi sejumlah industri mulai dari peralatan rumah tangga hingga mobil listrik membutuhkan nikel.

Sumber: DUNIATAMBANG.CO.ID