Kabar Nikel Mendag: Ekspor Nikel Jalan Terus Sesuai Ketentuan

Mendag: Ekspor Nikel Jalan Terus Sesuai Ketentuan

, Estimasi Baca : < 1 minute
28
Mendag Agus ketika menggelar konferensi pers di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan, M.I Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (8/11). (Foto: Trubusid/Astri Sofyanti)

APNI, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menegaskan bahwa ekspor nikel akan terus berjalan. Keputusan tersebut diambil usai melakukan rapar koordinasi (Rakor) dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

“Setelah rapat dengan Kemenko Maritim dan Investasi, ekspor nikel tetap dijalankan asakan sesuai dengan peraturan,” kata Mendag Agus ketika menggelar konferensi pers di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan, M.I Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (8/11).

Baca: Eksportir Bermasalah Tetap Dilarang Ekspor Bijih Nikel

Agus menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang diterbitkan terkait ekspor nikel. Meski begitu, pemerintah tak segan-segan untuk menindak tegas jika ditemukan pelanggaran. “Jika ada yang melanggar aturan tidak tegasnya adalah pencabutan izin, tapi jika semua dokumen lengkap dan sesuai aturan akan tetap dijalankan,” ucapnya lagi.

Terkait aturan ekspor nikel terdapat dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 1 tahun 2017 tentang Ketentuan Ekspor Produk Pertambangan Hasil Pengolahan dan Pemurnian, yang menetapkan

Baca: Mendag: Ekspor Bijih Nikel Sesuai Aturan Tak Bisa Dihambat

Dikatakan Agus, pihaknya mengimbau para pengekspor yang belum memenuhi kelengkapan dokumen untuk segera melengkapinya untuk menyerap nikel milik pengusaha yang tidak memiliki izin ekspor, sehingga bisa memiliki nilai tambah.

“Terutama untuk perusahaan yang sudah siap ekspor namun belum memiliki izin lengkap agar tetap bisa berjalan dan tidak mengganggu investasi dan bisa menghasilkan nilai tambah,” pungkas Agus.

Sumber: Trubus.id