Kabar Nikel Vale: Pernyataan Elon Musk Membuat Semua Mata Tertuju Ke Indonesia Sebagai Pemain...

Vale: Pernyataan Elon Musk Membuat Semua Mata Tertuju Ke Indonesia Sebagai Pemain Besar Pemasok Nikel

, Estimasi Baca : < 1 minute
81
ilustrasi, Articulated dump truck mengangkut material pada pengerukan lapisan atas di pertambangan nikel PT. Vale Indonesia di Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan/ANTARA

APNI, Jakarta – Perusahaan mobil listrik global Tesla baru-baru ini menyampaikan kepada publik kekhawtirannya akan pasokan nikel. CEO Tesla Elon Musk lantas menawarkan kontrak besar dan jangka panjang kepada produsen nikel yang bisa memproduksi secara efisien serta ramah lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Keuangan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) Bernardus Irmanto menjelaskan Vale Indonesia saat ini masih perlu mengkaji banyak hal sebelum mendekati Tesla terkait pernyataannya.

“Vale sendiri belum atau mungkin masih jauh ketika berbicara dengan Tesla mengenai statemen yang mereka sampaikan baru-baru ini,” jelas Bernardus dalam diskusi dengan media, Rabu (29/7/2020).

Bernardus menjelaskan sebenarnya pernyataan Tesla tersebut menjadi peluang besar dari sisi bisnis. Pasalnya sebagai pemain global, pernyataan tersebut akan membuat semua mata tertuju pada Indonesia sebagai pemain besar pemasok nikel.

Namun, Vale Indonesia masih harus mengkaji peluang bisnis tersebut dengan isu sustainability. 

Menurutnya, keputusan tersebut perlu dikaji lebih jauh. Misalnya bagaimana upaya memenuhi permintaan yang besar namun tetap bertanggungjawab pada lingkungan.

“Kalau isu bisnis saja tidak akan sustainable, akan menambang serampangan untuk memenuhi demand dan dalam beberapa tahun tidak ada lagi di lanskap bisnis,” jelas Bernardus.

Sumber: KONTAN