MEDIA CENTER Galeri Video Kapal Tongkang pengangkut Nikel PT Antam Tenggelam di Tapunopaka, Konawe Utara

[Video] Kapal Tongkang pengangkut Nikel PT Antam Tenggelam di Tapunopaka, Konawe Utara

, Estimasi Baca : < 1 minute
87

Musibah Patahnya Tongkang BG. Eadyra Mega 333 di Perairan Teluk dalam, Kec. Marombo Kab. Konawe Utara Prov. Sultra.

Pada Hari Rabu tanggal 06 November 2019 Pukul 13.45 Wita, bertempat di Perairan Teluk dalam Kec. Marombo Kab. Konawe Utara dengan jarak 1,5 Mil dari Jetty milik PT. Antam Tanjung pakah telah terjadi Musibah Tongkang Patah BG. Eadyra Mega 333 yang mengakibatkan tongkang dan muatannya Orenikel tenggelam.

Kronologis kejadian sbb :

1. Pada hari Selasa 05 November 2019 Tug Boat Trust 72 menarik Tongkang BG. Eadyra Mega 333 yang bermuatan Ore dari PT. Antam, tolak dari Jety Antam menuju kapal MV. KSL Huayang, yang berasal dari negara China, yang posisinya 1,5 Mil dari Jetty milik PT. Antam.

2. Setelah sampai , BG. Eadyra Mega 333 merapat sebelah kanan MV. KSL Huayang, kemudian standby menunggu loading muatan Orenikel ke Vessel. Yang belum mendapatkan izin olah gerak dan izin muat dari upp kelas lll molawe.

3. Pada hari Rabu 06 November 2019 Pukul 13:45 Wita, BG. Eadyra Mega 333 mendadak mengalami Patah tengah, sehingga mengakibatkan muatan yang berada diatasnya tenggelam.

4. Jeda beberapa menit kejadian tersebut dilaksanakan evakuasi dengan mengunakan 3 Tug Boat diantaranya Tug Boat Trust 27 , Tug Boat Trust 36 dan Tug Boat KSD 23. Selanjutnya tongkang tersebut ditarik ke Jetty milik PT. Antam.

Daftar kerugian sbb :

1. Korban jiwa : Nihil.

2. Material : 2 excavator, berserta Muatan Orenikel yang berasal PT. Antam tenggelam dilaut.

Catatan :
Tongkang BG. Eadyra Mega 333 direncanakan melaksanakan kegiatan Trading muatan Orenikel milik PT. Antam rencana pemuatan di MV KSL huayang untuk dieksport ke negara china dengan agen pelayaran PT. Sirius Shipping Service.

Sumber: Ashari, Ketua Lembaga Masyarakat Peduli Tambang Konawe Utara (Lempeta-Konut)